Halo semuaaaa!! #InfoGiziAKG balik lagi nih. Kali ini kita akan membahas sebuah buah yang warnanya nunyu-unyu dan identik dengan perempuan ini loh. Buah ini juga menjadi ciri khas sebuah tokoh kartun terkenal. Siapa yang tahu? Jawabannya Strawberry!

 

Strawberry berasal dari famili Rosaceae (Rose) dan memiliki nama ilmiah Fragaria x ananassa. Huruf “x” dalam namanya menunjukkan bahwa stroberi adalah asal hibrida, dalam kasus strawberry, dari dua spesies yang berbeda. Strawberry memiliki sejarah lebih dari 2.200 tahun. Stroberi tumbuh liar di Italia sejak tahun 234 SM dan ditemukan di Virginia oleh orang Eropa pertama ketika kapal mereka mendarat di sana pada 1588. Pemukim di Massachusetts menikmati makan stroberi yang ditanam oleh orang Amerika Indian di tahun 1643. Setelah tahun 1860 stroberi ¬†banyak ditanam di banyak negara.

Manfaat dari strawberry antaralain, dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena adanya kandungan antosianin dalam beri. Mengurangi resiko terjadinya penggumpalan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke. Mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Dapat membantu mengontrol kadar natrium untuk yang menderita tekanan darah tinggi. Membantu mencegah konstipasi. Stroberi adalah rendah makanan indeks glikemik dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah dan tetap stabil. Para peneliti menemukan pada tahun 2011 bahwa makan sekitar 37 stroberi sehari dapat secara signifikan mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Kandungan asam folat dalam strawberry juga baik untuk perkembangan janin dan melawan depresi.

Sekian dulu ya #InfoGiziAKG minggu ini. Sampai Jumpa!!

 

Referensi:

Written by akg

Leave a Reply