Zaman sekarang siapa yang tidak pernah mendengar restoran McDonald? Restoran yang paling sukses di seluruh dunia dengan konsep kekeluargaan yang juga sangat efektif, efisien , dan cepat ini sangat digemari banyak orang. Namun tahu tidak bahan-bahan apa saja yang digunakan McD dalam pengolahan makanan dan zat gizi apa saja yang terkandung dalam sebuah burger atau ayam goreng McD ini.

Dalam satu Mcspicy Chicken Burger ini terdapat 522 kalori, 50 gram karbohidrat, protein 24 gram, 25 gram lemak, dan 1280 mg garam. Untuk kebutuhan manusia normal jika mengonsumsi burger ayam ini 25% kebutuhan energy tercukupi, 20% kebutuhan karbohidrat tercukupi, 40% kebutuhan protein tercukupi, 40% kebutuhan lemak tercukupi, dan 85% kebutuhan garam tercukupi. Kandungan garam dalam burger ini termasuk sangat tinggi dikarenakan sekali makan burger ini dalam sehari kebutuhan sodium hampir terpenuhi maka hati-hatilah ketika memakan burger ini untuk orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dll. Ada beberapa bukti penelitian menyatakan bahwa terlalu banyak garam dapat merusak jantung, aorta, dan ginjal tanpa meningkatkan tekanan darah, dan garam mungkin juga buruk bagi tulang.

E97E13EA-CF11-49DA-BEF5-03EDE898F856.png

Untuk menu Cheeseburger dari McD ini mengandung energy sebanyak 300 kalori, karbohidrat 32 gram, protein  17 gram, lemak 12 gram, kolesterol 141 mg, dan garam 710 mg. Kebutuhan yang tercukupi jika mengonsumsi burger ini sekitar 15% kebutuhan energy tercukupi, 11% kebutuhan karbohidrat tercukupi, 25% kebutuhan protein tercukupi, 17% kebutuhan lemak tercukupi,  48% kebutuhan garam tercukupi, dan 47% kebutuhan kolersterol tercukupi. Kolesterol dalam burger ini termasuk tinggi dikarenakan dalam sehari konsumsi kolesterol untuk orang normal tidak boleh lebih dari 300 mg, dan untuk orang yang memiliki penyakit jantung konsumsi kolesterol tidak boleh lebih dari 200 mg sehari.

5B596E16-98AD-4550-B73E-3E97DE39622C.png

Mengonsumsi fast food sekali-sekali tidak apa-apa, tetapi jangan terlalu sering disarankan tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu, lebih baik untuk tidak memakan fastfood dan memilih makanan yang tidak mengandung banyak garam, kolestrol, dan lemak jenuh. Jika tetapi ingin mengonsumsi fast food pilihlah dengan cermat dan ketahui bahan dan kandungan yang ada pada makanan.

Sumber:

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2013 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN BAGI BANGSA INDONESIA

https://www.mcdonalds.com.sg/nutrition-calculator/

Weatherspoon. D, (2019). How Much Cholesterol Should I Be Having Each Day to Be Healthy?. Available online at [https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/rda}

Salt and Sodium. Harvard T.H. Chan School of Public Health. Available online at [https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/salt-and-sodium/]

Written by akg

Leave a Reply