Hippocrates pernah berkata, “Let food be thy medicine, and medicine be thy food.” Memang benar bahwa makanan dapat melakukan lebih dari sekadar menyediakan energi. Ketika Anda sakit, makan makanan yang tepat sangatlah penting, makanan tertentu memiliki khasiat yang kuat yang dapat menopang tubuh anda saat sedang berjuang melawan penyakit.

Berikut adalah berbagai macam makanan yang dapat membantu melawan penyakit :

Sup Ayam

Sup ayam telah direkomendasikan sebagai obat untuk flu selama ratusan tahun karena sup adalah sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein yang mudah dikonsumsi, dan juga mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda dalam jumlah yang lebih besar saat sakit.

Sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, keduanya diperlukan untuk hidrasi jika sering bepergian ke kamar mandi dan tubuh juga akan membutuhkan lebih banyak cairan jika sedang demam. Terlebih lagi, satu penelitian menemukan sup ayam lebih efektif membersihkan lendir hidung daripada cairan lain yang diteliti. Ini berarti dekongestan alami. Sup ayam juga menghambat aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat. Kemampuan sup ayam untuk menghambat sel-sel ini sebagian dapat menjelaskan mengapa sangat efektif terhadap beberapa gejala pilek dan flu.

Bawang putih

Bawang putih dapat memberikan segala macam manfaat kesehatan dan telah digunakan sebagai ramuan obat selama berabad-abad dan telah menunjukkan efek antibakteri dan antivirus. Bawang putih juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih lebih jarang sakit. Secara keseluruhan, kelompok bawang putih menghabiskan sekitar 70% lebih sedikit hari sakit daripada kelompok placebo. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan pilek dan flu

Menambahkan bawang putih ke dalam sup dapat menambah rasa dan membuatnya lebih efektif dalam melawan gejala pilek atau flu.

Air kelapa

Hidrasi sangat penting ketika Anda demam, berkeringat banyak, atau muntah atau diare, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak air dan elektrolit.Air kelapa adalah minuman yang sempurna untuk disantap saat sakit selain manis, ia mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan untuk rehidrasi. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidatif dan juga dapat meningkatkan kontrol gula darah

Teh panas

Teh adalah obat favorit untuk banyak gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu. Sama seperti sup ayam, teh panas bertindak sebagai dekongestan alami, membantu membersihkan sinus lendir. Perhatikan bahwa teh harus panas untuk bertindak sebagai dekongestan, tetapi tidak boleh terlalu panas sehingga dapat semakin mengiritasi tenggorokan Anda (4Trusted Source).Teh juga mengandung polifenol, yang merupakan zat alami yang ditemukan pada tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tanin adalah salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain bertindak sebagai antioksidan, tanin juga memiliki sifat antivirus, antibakteri. Satu studi pada tikus menemukan bahwa asam tannic dalam teh hitam dapat mengurangi jumlah jenis bakteri yang umum yang tumbuh di tenggorokan. Dalam studi lain, teh kembang sepatu mengurangi pertumbuhan flu burung di tabung reaksi. Teh Echinacea juga memperpendek gejala pilek dan flu.

Madu

Madu memiliki efek antibakteri yang kuat karena kandungan senyawa antimikrobanya yang tinggi. Bahkan, ia memiliki efek antibakteri yang kuat sehingga digunakan dalam pembalut luka oleh orang Mesir kuno, dan masih digunakan untuk tujuan ini hari ini, madu juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu menekan batuk pada anak-anak. Namun, ingatlah bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 12 bulan

Jahe

Jahe mungkin terkenal karena efek anti-mualnya. Itu juga telah terbukti secara efektif meredakan mual yang berhubungan dengan kehamilan dan saat perawatan kanker. Terlebih lagi, jahe bertindak mirip dengan obat anti-inflamasi non-steroid. Ini juga menunjukkan efek antioksidan, antimikroba dan anti-kanker. Jadi, jika Anda merasa mual atau muntah, jahe adalah makanan terbaik yang tersedia untuk meredakan gejala-gejala ini.

Makanan Pedas

  • Makanan pedas seperti cabai mengandung capsaicin, yang menyebabkan rasa panas dan terbakar ketika disentuh. Ketika konsentrasi cukup tinggi, capsaicin dapat memiliki efek desensitisasi dan sering digunakan pada gel dan patch yang menghilangkan rasa sakit. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa¬† capsaicin tampaknya menipis lendir, membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Semprotan capsaicin hidung telah digunakan dengan hasil yang baik untuk mengurangi sumbatan hidung dan gatal-gatal.

Namun jangan mencoba sesuatu yang pedas jika perut Anda sudah sakit. Makanan pedas dapat menyebabkan kembung, nyeri, dan mual pada beberapa orang

Written by akg

Leave a Reply