Buah Kiwi yang termasuk dalam keluarga berry ini diberi nama kiwi karena bentuknya bulat dan juga memiliki kulit dengan bulu-bulu halus yang mirip dengan burung kiwi, burung yang berasal dari selandia baru.
Secara tradisional di Cina, buah Kiwi tidak dikonsumsi sehari-hari , melainkan diberikan sebagai obat untuk anak-anak untuk pertumbuhan dan untuk wanita setelah melahirkan untuk membantu pemulihan. Buah Kiwi juga mengandung actinidain yang dahulu biasa digunakan pelunak daging.
Buah Kiwi yang padat nutrisi ini, memiliki banyak manfaat, dan juga memiliki rasa khas yang menarik. Kiwi mengandung vitamin C, E, K, folat, karotenoid, kalium, serat, dan phytochemical karena kandungan-kandungan yang banyak kiwi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Buah Kiwi dapat meningkatkan HDL yaitu lemak baik untuk tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi buah Kiwi dapat membantu memperbaiki defisiensi zat besi, menyehatkan pencernaan, mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya, kiwi memiliki enzim proteolitik alami actinidin, yang membantu pencernaan protein baik di lambung maupun usus kecil. Sebagai sumber yang kaya antioksidan, kiwi dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif endogen. Buah Kiwi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi kejadian penyakit pilek atau flu pada orang dewasa dan anak-anak.

Sumber:
Stonehouse W. Kiwifruit: our daily prescription for health. 2013. available online at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23746068
Richardson DP. The nutritional and health attributes of kiwifruit: a review. 2018. available online at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29470689

https://ndb.nal.usda.gov/ndb/search/list?qlookup=09148&format=Full

infogizi

Written by akg

Leave a Reply