Tak Selamanya yang Pedas Hanya Cabai

Cabai merupakan anggota genius capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu. Rasa pedasnya sering digunakan sebagai penguat rasa makanan. Bahkan makanan pedas rasanya kurang apabila tidak menggunakan cabai. Cabai sendiri mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi Kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan… Read more »

Makan Pedas bikin Asam Lambung Ganas?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung… Read more »

Jahe, Kecil Kecil tapi Banyak Manfaat

Jahe merupakan tanaman yang termasuk rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Jahe sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama di bidang kesehatan. Jahe diketahui berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Di Indonesia sendiri, tanaman jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya untuk keperluan memasak, tetapi juga untuk kesehatan, dan… Read more »

Ikan Tongkol VS Ikan Tuna

Ikan merupakan sumber protein, juga diakui sebagai functional food yang mempunyai arti penting bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tak jenuh berantai panjang (terutama yang tergolong asam lemak omega 3), vitamin serta makro dan mikro mineral. Asam lemak omega 3 sendiri dapat menurunkan kadar trigliserida dan total kolestrol dalam darah serta dapat meningkatkan metabolisme lemak…. Read more »

Mitos atau Fakta : Wortel Berperan Meningkatkan Kualitas Penglihatan dan Melihat dalam Gelap

Mitos ini berawal dari Perang Dunia II, Menteri Makanan Inggris mempopulerkan mitos bahwa Angkatan Udara mereka meningkat kualitas penglihatannya, terutama penglihatan malam, dengan mengonsumsi wortel. Sebenarnya, kebenaran dari mitos ini didasarkan pada fakta, yaitu memang benar wortel baik untuk penglihatan, tetapi mereka tidak serta merta meningkatkan kualitas penglihatan mata. Wortel mengandung beta-karoten, yang diubah tubuh… Read more »

Mitos atau Fakta : Makan Banyak Cabai Bisa Mengakibatkan Usus Buntu?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makan makanan pedas yang tentunya diolah dengan cabai dalam jumlah banyak menjadi menu andalan dalam setiap waktu makan. Bagi para pecinta pedas juga pasti sudah cukup sering mendengar dari berbagai sumber bahwa makan terlalu banyak cabai dapat mengakibatkan usus buntu. Akan tetapi, hal tersebut justru sebenarnya tidak benar karena penyebab… Read more »

Biji Chia + Lemon = Diet ???

Biji Chia atau chia seed (Salvia hispanica L.) berasal dari Amerika Tengah, sudah dilaporkan aman untuk digunakan sebagai bahan pangan, karena tidak memiliki efek samping atau alergenitas. Bertolakbelakang dengan bentuknya yang kecil, biji Chia mempunyai banyak manfaat dan kandungan gizi yang tinggi. Komposisi Gizi Biji Chia (per 100 gram) Energi : 486 Kcal Protein :… Read more »

Tempe, Superfood Asli Indonesia

Superfood adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi karena konsentrasi nutrisi yang tinggi dan bahan bioaktif yang dihasilkan. Menurut penelitian, superfood mampu meningkatkan vitalitas tubuh manusia dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan dengan diet seimbang. Tempe terbuat dari… Read more »

Ikan Lele si Ikan Berkumis

Ikan lele memiliki nama latin Clarias Batrachus dan merupakan jenis ikan air tawar. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati serta dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi, memiliki banyak manfaat, serta mudah dihidangkan sebagai lauk. Ikan lele juga dapat diolah menjadi… Read more »

Quinoa Superfood Sang Jagoan Nutrisi

Quinoa yang memiliki nama ilmiah Chenopodium quinoa Willd adalah tanaman yang telah dibudidayakan oleh masyarakat pra Kolombia di Amerika Selatan selama berabad-abad. Terdapat sejarah penggunaan biji-bijian yang aman dikonsumsi ini di Amerika Selatan. Quinoa disebut sebagai sereal semu karena bukan termasuk ke dalam keluarga Gramineae (rumput-rumputan), tetapi dapat menghasilkan biji yang dapat digiling dan digunakan… Read more »

Latest
  • Tak Selamanya yang Pedas Hanya Cabai

    Cabai merupakan anggota genius capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu. Rasa pedasnya sering digunakan sebagai penguat rasa makanan. Bahkan makanan pedas rasanya kurang apabila tidak menggunakan cabai. Cabai sendiri mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi Kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan… Read more »

  • Makan Pedas bikin Asam Lambung Ganas?

    Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung… Read more »

  • Jahe, Kecil Kecil tapi Banyak Manfaat

    Jahe merupakan tanaman yang termasuk rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Jahe sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama di bidang kesehatan. Jahe diketahui berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Di Indonesia sendiri, tanaman jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya untuk keperluan memasak, tetapi juga untuk kesehatan, dan… Read more »

  • Ikan Tongkol VS Ikan Tuna

    Ikan merupakan sumber protein, juga diakui sebagai functional food yang mempunyai arti penting bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tak jenuh berantai panjang (terutama yang tergolong asam lemak omega 3), vitamin serta makro dan mikro mineral. Asam lemak omega 3 sendiri dapat menurunkan kadar trigliserida dan total kolestrol dalam darah serta dapat meningkatkan metabolisme lemak…. Read more »

  • Mitos atau Fakta : Wortel Berperan Meningkatkan Kualitas Penglihatan dan Melihat dalam Gelap

    Mitos ini berawal dari Perang Dunia II, Menteri Makanan Inggris mempopulerkan mitos bahwa Angkatan Udara mereka meningkat kualitas penglihatannya, terutama penglihatan malam, dengan mengonsumsi wortel. Sebenarnya, kebenaran dari mitos ini didasarkan pada fakta, yaitu memang benar wortel baik untuk penglihatan, tetapi mereka tidak serta merta meningkatkan kualitas penglihatan mata. Wortel mengandung beta-karoten, yang diubah tubuh… Read more »

  • Mitos atau Fakta : Makan Banyak Cabai Bisa Mengakibatkan Usus Buntu?

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa makan makanan pedas yang tentunya diolah dengan cabai dalam jumlah banyak menjadi menu andalan dalam setiap waktu makan. Bagi para pecinta pedas juga pasti sudah cukup sering mendengar dari berbagai sumber bahwa makan terlalu banyak cabai dapat mengakibatkan usus buntu. Akan tetapi, hal tersebut justru sebenarnya tidak benar karena penyebab… Read more »

  • Biji Chia + Lemon = Diet ???

    Biji Chia atau chia seed (Salvia hispanica L.) berasal dari Amerika Tengah, sudah dilaporkan aman untuk digunakan sebagai bahan pangan, karena tidak memiliki efek samping atau alergenitas. Bertolakbelakang dengan bentuknya yang kecil, biji Chia mempunyai banyak manfaat dan kandungan gizi yang tinggi. Komposisi Gizi Biji Chia (per 100 gram) Energi : 486 Kcal Protein :… Read more »

  • Tempe, Superfood Asli Indonesia

    Superfood adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi karena konsentrasi nutrisi yang tinggi dan bahan bioaktif yang dihasilkan. Menurut penelitian, superfood mampu meningkatkan vitalitas tubuh manusia dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan dengan diet seimbang. Tempe terbuat dari… Read more »