Di zaman millennials kayak sekarang, siapa sih yang engga pengen punya badan ramping ideal? Apalagi data dari WHO yang menyatakan bahwa jumlah obesitas mencapai 2.3 milyar orang sampai tahun 2015, Alhasil berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, salah satunya dengan berguru pada youtube, banyak yang mengajarkan hal baik tetapi tidak sedikit juga yang memberikan saran atau tips yang justru salah yang berakibat pada justru bertambahnya berat badan atau gangguan kesehatan, berikut beberapa tips diet yang tidak baik:

1. Hanya makan sekali dan tidak menyentuh zat karbohidrat sama sekali.
Ini adalah bentuk diet yang keliru, karena justru berakibat pada kekurangan nutrisi, akibatnya timbul beberapa gejala seperti hipoglikemia dan stress, atau yang paling sederhananya adalah mudahnya ngantuk saat kuliah. Eits Bukan hanya itu, dengan kamu menahan makanan kamu dikhawatirkan saat kamu akan makan menjadi berlebih dan lagi lagi mengakibatkan metabolism tubuh kamu menjadi terganggu. Solusinya adalah kamu bisa mengganti sumber karbohidrat kamu dengan yang lebih kompleks seperti kentang, ubi dan singkong

2. Tidak memperhatikan asupan kalori, yang penting makannya sedikit.
Ini juga salah, banyak yang mikir “ah kan gue Cuma nyemil dikit doing” atau “yaelah minum ini doang” eits pikir pikir dulu ya, perhatikan asupan kalori kalian yang masuk dan keluar misal saja, mengonsumsi minuman hits seperti kopi-kopi kekinian itu justru kurang lebih sama dengan kalian makan sate padang pake ketupat ditambah minuman milk latte dan gimana ngebakarnya dalam tubuh? At least kalian bisa berlari selama 1 jam nonstop.

3. Kurang memilah asupan kalori kotor ataupun kalori bersih.
Memperhatikan kalori dari angka saja belum cukup, kita juga perlu memperhatikan jenisnya nih, nah kalori ada dua jenisnya, kalori kotor dan kalori bersih. Kalori kotor adalah kalori yang susah untuk dibakar sehingga menganggu metabolism tubuh serta menghasilkan banyak residu pada tubuh dan akhirnya menumpuk dan susah dibuang seperti gorengan, kulit unggas, mentega, ice cream, dll. Sedangkan kalori bersih adala kalori yang justru mendorong kerja tubuh menjadi lebih optimal dan bersifat tidak menimbun pada tubuh seperti kandungan karbohidrat kompleks yg ada pada singkong, asam lemak seperti pada minyak ikan atau kacang-kacangan, dan sayur dan buah.

4. Semakin sering kita menurunkan berat badan akan semakin susah untuk turun
Metabolism tubuh kita sangat canggih, tubuh kita akan mempersiapkan persiapan jika mereka terus mengalami penurunan berat badan, persiapan ini dengan cara meminimalkan pembakaran energy. Berbeda jika orang yang sudah gemuk, mereka akan cenderung mudah dalam menurunkan berat badan karena tubuh belum mendapatkan sinyal akan kehabisan energy, jika di analogikan energy tubuh adalah uang dan orang gendut adalah orang yang mempunyai uang banyak, pastinya ia akan lebih sering menghabiskan uangnya, sedangkan jika orang tersebut sudah menipis uangnya, ia akan cenderung menghemat pengeluarannya.

5. Gak tahan pengen nyemil
Setiap selesai makan rasanya selalu pengen nyemil, biasanya sih yang manis, ini justru yang membuat berat badan susah turun, biasanya hal ini terjadi bisa karena memang porsi kamu salah sehingga masih merasa lapar dan bisa juga karena kamu kurang bisa mengkontrol nafsu makanmu, nah solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat sehingga akan membuat perutmu menjadi lebih kenyang, selain itu kamu bisa menggantinya dengan banyak minum air

Nah sekian beberapa dari beberapa masalah kenapa orang yang sedang diet susah untuk turun beratnya, eits jangan Cuma ingin kurus ya, utamakan menjadi sehat, karena jika sudah sakit, justru penampilan kalian akan bermasalah.

Source :
Risher, Brittany. 9 Habits of People Who Have Successfully Lost Weight. Health Media Ventures, Inc.

https://halosehat.com/diet-fitness/tips-olahraga/olahraga-yang-membakar-kalori-super-banyak

Written by akg

Leave a Reply