Setelah berpuasa satu bulan lamanya, banyak di antara kita apalagi para perempuan yang berharap turun berat badan berat badan. Bisa jadi betul. Namun saat hari lebaran tiba, berkunjung ke rumah sanak saudara disuguhi makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, rendang, kue lebaran dan masih banyak lagi. Secepat itu berat badan naik bahkan lebih berat dari sebelum puasa. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan setelah lebaran? Berikut ada 2 cara menurunkan berat badan.

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi pertama tubuh. Jika karbohidrat kita masih cukup, maka lemak dalam tubuh tidak akan digunakan dan alhasil mengakibatkan pelebaran badan. Saat berlebaran ke rumah keluarga, tidak mungkin kita menghindar dari manisnya kue lebaran dan santan opor. Jadi pasca lebarab, kita bisa mengatur makanan kita dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat. Kita bisa mengganti karbohidrat dengan buah dan sayur yang banyak mengandung protein.

2. Olahraga
Banyak di antara kita yang beranggapan bahwa cukup dengan mengurangi makan, maka berat badan akan turun tanpa memperhatikan aktivitas. Padahal olahraga penting untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Ayoo, untuk yang masih liburan ketimbang duduk di depan TV atau gadget, lebih baik berolahraga. Bagi yang sudah masuk kerja atau sekolah, sempatkan hal-hal sederhana seperti berjalan kaki, menaiki tangga, dan ‘mini’ olahraga lainnya untuk menjada berat badan tubuh.

Sumber : Lawrence, Natalia et al. Training response inhibition to food is associated with weight loss and reduced energy intake [Internet]. 2015 (cited June 29, 2017). Available on : http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0195666315002962

Written by akg

Leave a Reply