Kayu manis atau Cinnamon adalah rempah dari family Lauracea yan memiliki rasa eksotis. Kayu manis telah dipakai sejak dahulu dan telah terbukti membantu menyembuhkan penyakit-penyakit kronis seperti Parkinson, Alzheimer, dan diabetes. Terdapat 2 macam kayu manis yaitu: Ceylon cinnamon yang diproduksi di Sri Lanka, India, Madagascar, Brazil, dan Caribbean, serta Cassia cinnamon yang dating dari Negara Vietnam, China, dan Indonesia.

Kayu manis adalah rempah medis 0 kalori yang memiliki banyak keuntungan dalam mengontrol berat badan dan juga menurunkan ebrat badan. Studi mengatakan bahwa ¼ sendok the per hari nya dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, trigliserida, dan LDL (low-density lipoproteins) pada penyakit diabetes tipe 2. Kayu manis juga merupakan pembakar lemak karena berfungsi dalam meningkatkan metabolism dan telah terbukti untuk menghambat penyerapan glukosa dan meningkatkan aktivitas insulin pada tubuh. Selain itu, kayu manis juga berhasil untuk mengaktifkan hormon ghrelin yang berfungsi untuk mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang/puas.

Fakta lain tentang kayu manis adalah bahwa rempah itu merupakan salah satu antioksidan paling kuat, dan dapat memperlambat pengosongan lambung serta menstabilisasikan gula darah setelah makan. Untuk menikmati manfaat dari kayu manis, dianjurkan untuk menambahkan 6 gram kayu manis pada makanan seperti pudding, kopi, sereal, dan berbagai makanan penutup lainnya.

Dengan itu, kayu manis merupakan salah satu penambah rasa makanan yang memiliki banyak efek untuk mencegah terjadinya diabetes, Alzheimer, Lipid disorders, antimicrobial, penyakit jantung, dan kanker.

Source:
Mullin, G. 2015. Cin City: Surprising Health Benefits of Cinnamon. Accessible in: http://thefoodmd.com/cin-city-surprising-health-benefits-of-cinnamon/.

Written by akg

Leave a Reply