Jika kita mengingat kartun Spongebob, terdapat episode Pearl (putri Tuan Kreb) memakan semua makanan tetapi tidak merasa kenyang. Itu adalah contoh eating disorder. Jika kita terjemahkan secara singkat, eating disorder adalah ketidakteraturan makan. Apa yang dimaksud hanya ketidakteraturan jam makan atau komposisi makanan?

Eating disorder adalah kondisi si penderita mengalami gangguan makan ekstrim karena memiliki pengalaman tertentu yang merubah perasaannya tentang makanan. Perempuan yang selalu diejek gemuk akan mengalami stres sehingga berusaha untuk mengurangi berat badannya dengan cara tidak makan, seperti itulah contoh eating disorder yang dominan menyerang kaum hawa. Eating disorder disebabkan oleh beberapa hal yakni genetik, biokimia (ketidakseimbangan hormon), individu, dan sosial.

Terdapat 2 tipe eating disorder yang paling serius yaitu :
- Anorexia : dipicu oleh rasa takut gemuk yang berlebihan. Gejalanya seperti kekurangan 15% berat badan karena menolak makanan sehingga mengalami kelaparan ekstrim.
- Bulimia : berlawanan dengan anorexia, bulimia nervosa adalah kelainan makan berlebihan yang terjadi terus menerus. Penderita bulimia menganggap makanan mampu membuat mereka merasa lebih baik, tetapi bersifat sementara sehingga makanan tersebut dikeluarkan paksa sebagai proses ‘pembersihan’.

Apakah efek yang ditimbulkan dari eating disorder?

- Masalah kesehatan mental : kesulitan beraktivitas yang berkaitan dengan makanan (contoh sederhana melewati rumah makan), kesepian, ketakutan, dan emosi yang tidak stabil.
- Efek fisik : memaksa organ tubuh bekerja sangat keras seperti ginjal dan saluran cerna, dan bagi perempuan akan mengalami kekacauan siklus haid.
Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Perlu pemeriksaan medis saat mengalami eating disorder, kemudian memulihkan mental si penderita, sehingga proses rehabilitasi pola makan bisa berlangsung dengan baik.
Jadi, sudah paham kan apa itu eating disorder? Khususnya untuk kaum perempuan, menjaga berat badan itu perlu, tetapi dengan cara yang wajar dan tentunya tidak menyakiti badan sendiri. Seperti contoh info gizi sebelumnya yang membahas tentang cara mengurangi berat badan.

Sumber : Mental Health and Workforce Division of the Australian Government Departement of Health and Ageing. What is an eating disorder? [Internet]. 2014 (cited July, 10 2017). Available on : http://www.health.gov.au/internet/main/publishing.nsf/Content/mental-pubs-w-whateat

Written by akg

Leave a Reply